Program diatas menggunakan Encapsulation, asesor and mutator (setter and getter) yaitu dengan dua class.
class 1 dengan nama Geometri :
- Baris ke 5 = Mendeklarasikan class dengan nama Geometri.
- Baris ke 6-14 = Mendeklarasikan variable dengan tipe data double yang bersifat private.
- Baris ke 16 = Method persegiPanjang() yang akan menampung rumus untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang.
- Baris ke 20 = Method segiTiga() yang akan menampung rumus untuk menghitung luas dan keliling segi tiga.
- Baris ke 24 = merupakan Assessor yaitu yang berfungsi untuk mengambil nilai dari variable.
- Baris ke 33 = merupakan Mutator yaitu yang berfungsi untuk memberi nilai kepada variable, seperti dibaris ke 33 yang memberikan nilai untuk variable panjang .
class 2 yaitu main class dengan nama DemoGeometri :
- Baris ke 7 = merupakan proses instansiasi objek, dengan nama objek geo yang mewakili class Geometri.
- Baris ke 9-15 = memanggil atau menjalankan method Mutator yaitu memberi nilai pada variable, seperti di baris 9, nilai 5 akan dimasukkan kedalam variable pj, kemudia nilai pj akan dimasukkan ke dalam variable class yaitu variable panjang.
- Baris 17 = memanggil method persegiPanjang yang akan menghitung atau memberi nilai untuk variable luas dan keliling dengan rumus :
luas = panjang * lebar
keliling = panjang * lebar * 2 - Baris 23 = memanggil method segiTIga yang akan menghitung atau memberi nilai untuk variable luas dan keliling namun dengan rumus yang berbeda tidak seperti pada method persegiPanjang :
luas = alas * tinggi * 1 / 2
keliling = sisi1 + sisi2 + sisi3
Pranala --> Accessors dan Mutators Pemrograman Java
ReplyDelete